Senin, 17 Desember 2012

Fisika

FISIKA KELAS X


BAB III
GERAK
Advance Organizer
Dapatkah kamu mengendarai sepeda sambil memperhatikan kecepatan
sepedamu? Tentunya sangat sukar kamu lakukan karena sepeda tidak
dilengkapi dengan speedometer sebagai alat pengukur kecepatan. Lalu
bagaimana agar kamu tetap dapat mengetahui kecepatan sepeda yang kau
kendarai. Kamu harus membagi jarak yang kau tempuh selama bersepeda
dengan waktu tempuhnya. Hasil itulah yang dinamakan kecepatan rata-rata
sepedamu. Kamu bersepeda berarti melakukan gerak. Dalam fisika gerak
bersepeda itu dinamakan gerak lurus. Ada pula gerak lainnya misalnya gerak
parabola, seperti gerak bola yang ditendang melambung. Pada bab gerak ini
kamu akan memperdalam gerak sebagai ilmu kinematika, yaitu mempelajari
gerak tanpa memperhatikan gayanya.
85
Peta Konsep Bab 3
86
GERAK MELINGKAR
G L B
GVB
GERAK VERTIKAL
GERAK
GERAK LURUS
GLBB GERAK PARABOLA
GVA
GJB
GERAK
LENGKUNG
Kata Kunci (Key-words)
· Analisa Grafik
· Gerak Lurus
· Gerak Lurus Beraturan
· Gerak Lurus Berubah Beraturan
· Gerak Parabola
· Gradien Kemiringan Grafik
· Jarak
· Kecepatan Rata-rata
· Kecepatan sesaat
· Percepatan
· Perpindahan
Daftar Konstanta
Cepat rambat cahaya c 3,00 x 108 m/s
Konstanta Coulomb k 8,99 x 109 N.m2/C2
Konstanta gas umum R 8,314 J/K.mol
Konstanta gravitasi umum G 6,67 x 10-11 N.m/kg2
Muatan elektron e 1,60 x 10-19 C
Massa elektron m 9,1 x 10-31 kg
87
BAB III
GERAK
Seorang pembalap Formula Satu harus melajukan mobilnya dengan
kecepatan tinggi agar dapat menang dalam pertandingan Grand Pix
Mobil Formula One. Mobil balap dapat bergerak dengan kecepatan
mencapai 320 km/jam.
Pada Bab ini kita mempelajari bermacam-macam gerak, kecepatan
dan percepatan benda.
88
Standar Kompetensi
Menerapkan konsep dan prinsip
dasar kinematika dan dinamika
benda titik.
Kompetensi Dasar
Menganalisis besaran fisika pada
gerak dengan kecepatan dan
percepatan konstan.
Indikator
Mendefinisikan pengertian gerak
Membedakan jarak dan
perpindahan
Membedakan kecepatan rata-rata
dan kecepatan sesaat
Menyimpulkan karakteristik gerak
lurus beraturan (GLB) melalui
percobaan dan pengukuran
besaran-besaran terkait.
Menyimpulkan karakteristik gerak
lurus berubah beraturan (GLBB)
melalui percobaan dan pengukuran
besaran-besaran terkait.
Membedakan percepatan rata-rata
dan percepatan sesaat.
Menerapkan besaran-besaran fisika
dalam GLB dan GLBB dalam
bentuk persamaan dan
menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
A. Pengertian Gerak
Gerak benda di alam ini dapat dipahami melalui Fisika khususnya
tentang ilmu gerak atau kinematika. Dalam kinematika tidak
membahas tentang gaya-gaya yang berpengaruh di dalam gerak
itu, melainkan membahas perubahan-perubahan yang tampak
pada rentang waktu benda melakukan gerak. Misalnya jarak dan
perpindahan, kecepatan sesaat, kecepatan rata-rata,percepatan
yang dialami benda. Pada gerak lurus kelajuan yang dilakukan
gerak benda dapat selalu konstan sehingga geraknya dinamakan
gerak lurus beraturan Tetapi bila kelajuan benda berubah-ubah
maka geraknya dinamakan gerak lurus berubah beraturan.
Benda-benda di alam semesta ini ada yang diam ada pula yang
bergerak. Perhatikan batu-batu di pinggir jalan, mereka diam
terhadap jalan kecuali mendapat dorongan dari luar misalkan
ditendang oleh kaki seorang anak. Perhatikan rumah-rumah di
sekeliling kita, mereka diam terhadap pohon-pohon di
sekelilingnya.
Tujuan Pembelajaran
· Mendefinisikan pengertian gerak
· Membedakan jarak dan perpindahan
· Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
· Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB)
· Menyimpulkan karakteristik gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
· Menerapkan besaran-besaran fisika dalam GLB dan GLBB dalam
bentuk persamaaan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
89
Gambar 1. Berlari berarti
bergerak terhadap pohon
Perhatikan pula orang yang berolah raga lari di jalan, ia bergerak
terhadap batu di pinggir jalan maupun terhadap rumah-rumah
dan pohon-pohon. Dengan demikian apakah yang dimaksud
gerak ? Suatu benda dikatakan bergerak jika benda itu
mengalami perubahan kedudukan terhadap titik tertentu sebagai
acuan. Jadi jelaslah bahwa gerak adalah perubahan posisi atau
kedudukan terhadap suatu titik acuan tertentu.
Sekarang perhatikan orang yang berlari di mesin lari fitness atau
kebugaran, Apakah ia mengalami perubahan kedudukan
terhadap tiang pegangan di mesin tersebut. Ternyata tidak.
Dalam fisika orang tersebut tidak dikatakan bergerak, karena
tidak mengalami perubahan posisi atau kedudukan dalam selang
waktu yang ditempuhnya.
Demikian pula anak yang bermain komputer dikatakan tidak
mengalami gerak karena sepanjang waktu ia hanya duduk di
kursinya. Dapat dikatakan pula anak tersebut diam terhadap
kursi yang diduduki, dalam hal ini kursi berperan sebagai
kerangka acuan. Penempatan kerangka acuan dalam peninjauan
gerak merupakan hal yang sangat penting, mengingat gerak
dan diam itu mengandung pengertian yang relatif. Sebagai
contoh seorang yang duduk di dalam kereta api yang bergerak,
dapat dikatakan bahwa orang tersebut diam terhadap bangku
yang didudukinya dan terhadap kereta api tersebut. Namun
orang tersebut bergerak relatif terhadap stasiun maupun
terhadap pohon-pohon yang dilewatinya.
Sekarang orang tersebut berjalan-jalan di dalam kereta api searah
dengan kecepatan kereta. Dapat dikatakan bahwa orang
tersebut bergerak relatif terhadap kereta, terhadap stasiun,
terhadap pohon, tetapi orang tersebut diam terhadap buku yang
dipegangnya.
90
Gambar 2. Lari fitness
tidak bergerak terhadap
mesin fitness
Gambar 4. Gerak
relatif orang di
dalam dan di luar
kereta
Gambar 3. Anak bermain
komputer dikatakan tidak
bergerak
B. Jarak dan Perpindahan
Selama bergerak benda mengalami perubahan kedudukan. Menurut Bresnick, garis
lurus terpendek yang menghubungkan titik awal dan titik akhir, tanpa mempedulikan
lintasannya disebut dengan perpindahan Jadi selisih kedudukan akhir dan kedudukan awal
disebut dengan perpindahan. Sedangkan seluruh lintasan yang ditempuh benda disebut
sebagai jarak. Jarak merupakan besaran skalar, sedangkan perpindahan termasuk besaran
vektor. Sebagai contoh, seorang siswa yang berlari mengelilingi lapangan sepakbola satu
kali putaran, dikatakan ia menempuh jarak sama dengan keliling lapangan itu, namun ia
tidak menempuh perpindahan karena ia kembali ke titik semula berarti selisih
kedudukan awal dan akhir adalah nol.
Contoh lain, ada seorang siswa bergerak ke utara sejauh 3 km, kemudian berbelok ke
timur sejauh 4 km, lalu berhenti. Berapa jarak yang ditempuh siswa tersebut ? Berapa pula
perpindahannya ?
4 km
3 km
Jarak yang ditempuh siswa tersebut berarti keseluruhan lintasan yang ditempuh yaitu 3
km + 4 km = 7 km, sedangkan perpindahannya sepanjang garis putus-putus pada gambar
di atas, yaitu 32 + 42 = Ö 25 = 5 km.
Analisa
Jawablah di buku tugasmu!
1. Sebuah mobil bergerak sejauh 5 km kearah utara. Kemudian berbalik arah ke selatan
sejauh 3 km. Bagaimanakah Kamu membedakan tentang jarak dan perpindahan mobil
tersebut.
2. Eko berlari mengelilingi lapangan berbentuk lingkaran. Jika Eko berlari sebanyak 2,5 kali
putaran, dan jari-jari lapangan 7 m. Bedakanlah jarak dan perpindahan yang ditempuh
Eko?
91
C. Kecepatan Rata-Rata dan Kecepatan Sesaat
Dalam pembahasan gerak dikenal istilah kecepatan dan kelajuan. Kecepatan diartikan
sebagai perpindahan yang ditempuh tiap satuan waktu, sedangkan kelajuan diartikan
sebagai jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Kecepatan termasuk besaran vektor,
sedangkan kelajuan merupakan besaran skalar.
Kelajuan = selang waktu (sekon)
jarak (meter)
Kecepatan = selang waktu (sekon)
Perpindahan (meter)
Contoh
Seorang siswa berjalan dengan lintasan ABC, seperti gambar . Selang waktu dari A ke C 10
sekon. Tentukan kelajuan dan Kecepatan siswa tersebut ?
Jawab : B 4 m C
Diketahui
jarak AC = 7 m 3 m
Selang waktu = 10 sekon 5 m
Perpindahan AC = 5 m A
Kelajuan = selang waktu (sekon)
jarak (meter)
= sekon
meter
10
7
= 0,7 m/s
Kecepatan = ( )
( )
selang waktu sekon
Perpindahan meter
=
sekon
meter
10
5
= 0,5 m/s
Tugas
Kerjakanlah di buku tugas!
1. Anton berlari mengelilingi lapangan berukuran 8 m x 6 m sebanyak 2,5 putaran. Selang
waktu yang diperlukan 10 sekon. Hitunglah Kelajuan dan Kecepatan Anton ?
2. Gambar berikut ini adalah grafik perpindahan terhadap waktu dari kecepatan mobil A,
B C, dan D. Manakah yang memiliki Kecepatan terbesar dan urutankan dari yang
terbesar sampai terkecil.
92
Perpindahan
A
B
C
D
Waktu
1. Kecepatan Rata-rata
Ketika Kamu melakukan perjalanan dengan mobil dari suatu kota ke kota lain
tentulah kamu melewati jalan yang tidak selalu lurus dan naik turun. Misalnya dari
Bandung ke Bogor melewati puncak. Kendaraan yang kamu gunakan kecepatannya
berubah-rubah. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang ditunjukan speedometer pada
kendaraan. Oleh karena kecepatannya tidak tetap maka sering ddigunakan istilah
kecepatan rata- rata.
Kecepatan rata-rata didefinisikan sebagai perbandingan perpindahan benda dengan
selang waktu yang diperlukan , sedangkan kelajuan rata-rata merupakan jarak yang
ditempuh seluruhnya dibagi dengan selang waktu tempuh. Kecepatan rata-rata dan
kelajuan rata-rata dapat dirumuskan sebagai berikut.
V r =
t
s
D
D
Vr = kecepatan rata-rata, Ds = perpindahan,
D t = selang waktu
V r =
t
s
D
Vr = kelajuan rata-rata, s = jarak , D t = selang waktu
Menurut Sears dan Zemansky, kecepatan rata-rata adalah suatu besaran vektor yang sama
arahnya dengan vektor D s.
Berikut ini merupakan contoh tabel perjalanan Bus dari Semarang- Solo
Besaran 1 2 3 jumlah
Perpindahan (km) 35 25 50 110 km
Selang waktu (menit) 20 20 50 90 menit
Berdasarkan tabel tersebut dapat ditentukan kecepatan rata-rata dari Bus tersebut
93
V r =
t
s
D
D
= 90 menit
110 km
= 1,5 jam
110 km
= 73,3 km /jam
Contoh Analisis Grafik
Grafik berikut menyatakan hubungan antara jarak (s) terhadap waktu (t) dari benda yang
bergerak. Bila s dalam m dan t dalam sekon. Tentukan kecepatan rata-rata benda.
s (m)
10
5
2 6 t s)
Jawab. Dari grafik didapat :
V r =
t
s
D
D
, D s = 10 m, D t = 6s
= 10 m/6 s = 1,67 m/s
2. Kecepatan Sesaat
Grafik berikut merupakan grafik hubungan perpindahan(s) dengan selang waktu (t).
Grafik berupa garis lengkung, karena laju benda tidak tetap. Kecepatan rata-rata dapat
dihitung dengan vr =
t
s
D
D
, jika titik B mendekati titik A, maka selang waktu Dt
menjadi kecil, Untuk selang waktu D t mendekati nol , B akan berimpit di A, maka
ketika itu kecepatan yang terjadi disebut kecepatan sesaat. Arah kecepatan sesaat di suatu
titik searah dengan garis singgung di titik tersebut. Kecepatan sesaat sering disebut
dengan kecepatan benda.
V sesaat = lim
t
s
D
D
Dt ® 0
s B
D s
94
A
D t t
Analisa
Analisalah grafik berikut, kemudian jawablah di buku tugasmu!
1. Hitunglah kecepatan rata-rata dari sebuah mobil selama 15 detik dengan grafik s –
t seperti pada gambar berikut ini. Tentukan pula kecepatan sesaat ketika mobil
mencapai 10 detik pertama.
S (m)
8
0 5 8 10 12 15 t (sekon)
10
2. Ani pergi ke sekolah dengan naik sepeda berkecepatan 6 m/s. Kemudian langsung
pulang karena ada bukunya yang ketinggalan. Ketika pulang kecepatannya 4 m/s.
Tentukan kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata Ani bersepeda..
D. Percepatan
Benda yang bergerak dengan kecepatan yang tidak konstan akan mengalami perubahan
kecepatan dalam selang waktu tertentu. Benda tersebut dikatakan mengalami percepatan.
Besarnya percepatan atau perlambatan (akselerasi) dapat ditentukan dengan membagi
perubahan kecepatan dengan selang waktu yang ditempuh.
a =
Dt
Dn
= selang waktu
Perubahan kecepatan
95
dimana a adalah percepatan dalam m/s2 dan Dv adalah perubahan kecepatan dan Dt
adalah selang waktu.
Berikut ini grafik hubungan perubahan kecepatan terhadap selang waktu
v v
vt
A
vt -vo B
vo C
t (selang waktu) t (selang waktu)
Grafik A Grafik B
Dari grafik A terlihat bahwa perubahan kecepatan dalam selang waktu tertentu sama
dengan kemiringan grafik. Semakin besar kemiringan grafik semakin besar percepatan
benda. Pada grafik B percepatan terbesar adalah A, kemudian B dan C., karena
kemiringan grafik terbesar adalah A, B kemudian C.
Contoh Soal
Seorang polisi mengejar penjahat mula–mula dari keadaan diam kemudian menambah
kecepatannya menjadi 30 m/s dalam selang waktu 3 detik. Hitunglah percepatan benda ?
Jawab
Diketahui vo = 0 m/s vt = 30 m/s t = 3 detik
a =
Dt
Dn
= 3 s
30 - 0 m
= 10 m/s
Tugas
Kerjakan di buku tugasmu!
96
1. Sebuah kendaraan bergerak dari keadaan diam menjadi kecepatannya 72 Km/jam
dalam selang waktu 5 menit. Hitung percepatan kendaraan tersebut dalam satuan
m/s?
2. Seseorang berjalan ke arah utara dengan kecepatan awal 4 m/s dan kemudian berlari
hingga mencapai kecepatan 12 m/s selama 4 detik. Tentukan percepatan orang
tersebut!
E. Gerak Lurus
Gambar 5. Lintasan kereta api merupakan gerak lurus
Gerak suatu benda dalam lintasan lurus dinamakan gerak lurus. Sebuah mobil melaju di
jalan raya yang lurus merupakan contoh gerak lurus. Seorang siswa berlari mengelilingi
lapangan sepakbola juga merupakan contoh dari gerak lurus dengan empat segmen
lintasan lurus yang berbeda pada saat menempuh sisi-sisi lapangan yang berbeda.
Berdasarkan kelajuan yang ditempuhnya gerak lurus dapat dibedakan menjadi dua yaitu
Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
Untuk dapat membedakan GLB dan GLBB Anda bersama guru dapat melakukan
percobaan dengan menggunakan ticker timer dan perlengkapannya (lakukan kegiatan
mandiri).
Gambar 6. Meja ticker timer, troli, ticker timer dan pitanya
1. Gerak Lurus Beraturan
97
Menurut lintasannya gerak dapat
dibedakan menjadi berbagai macam
misalnya gerak lurus, gerak
parabola, gerak melingkar dan
sebagainya. Kereta aapi ekspress
banyak menempuh lintasan lurus
selama perjalanannya.
Dalam gerak lurus beraturan, benda menempuh jarak yang sama dalam selang
waktu yang sama. Sebagai contoh, mobil yang melaju menempuh jarak 2 meter dalam
waktu 1 detik, maka 1 detik berikutnya menempuh jarak 2 meter lagi, begitu seterusnya.
Dengan kata lain perbandingan jarak dengan selang waktu selalu konstan, atau
kecepatannya konstan. Dalam GLB kelajuan dan kecepatan hampir sulit dibedakan
karena lintasannya yang lurus menyebabkan jarak dan perpindahan yang ditempuh
besarnya sama.
Dapat dirumuskan untuk GLB, bahwa :
v =
t
s
dimana s adalah jarak dalam meter, t adalah waktu dalam sekon, dan v adalah kecepatan
dalam m/s. Pada gerak lurus beraturan pertambahan jarak yang ditempuh terhadap waktu
dapat digambarkan dalam grafik berikut ini.
s
t
Sedangkan kecepatan selalu konstan terhadap waktu, grafiknya dapat digambarkan
sebagai berikut.
v
t
Kereta listrik bawah tanah yang ada di negara maju,
hanya memerlukan waktu beberapa detik untuk mencapai
kecepatan konstan dalam jangka waktu lama. Gerak lurus
beraturan kereta itu akan berakhir sewaktu kereta mulai
direm saat memasuki stasiun pemberhentian.
Gambar 7. Kereta api bawah tanah
98
q
Gradien kemiringan grafik atau
tan q menunjukkan kecepatan
gerak. Jadi v = tan q
Demikian pula alat produksi di suatu pabrik yang biasa disebut dengan bantalan berjalan
atau meja berjalan selalu mengalami gerak lurus beraturan sewaktu dihidupkan
mesinnya.
Gambar 8. Bantalan berjalan di bagian produksi suatu pabrik
Contoh
Sebuah mobil bergerak kecepatan tetap 36 km/jam. Hitung jarak yang ditempuh mobil
selama 10 sekon. ?
Jawab :
Diketahui kecepatan v = 36 km/jam = 10 m/s
t = 10 sekon
s = v x t = 10 m/s x 10 sekon = 100 m
Tugas
Jawablah di buku tugasmu!
1. Seekor semut menempuh lintasan berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 7 cm.
Berapakah jarak yang ditempuh semut dalam 2 detik? Berapakah perpindahannya dalam
2 detik?
2. Jika dalam waktu lima menit seorang atlit berlari menempuh jarak 600 meter. Tentukan
kelajuan atlit lari tersebut !
3. Kecepatan sebuah kendaraan sebesar 72 km/jam dalam selang waktu 5 menit. Berapakah
jarak yang telah ditempuh kendaraan !
4. Busway melaju dengan kecepatan konstan 108 km/jam selama 2 jam. Tentukan jarak
yang ditempuhnya !
5. Pesawat tempur F 16 melintas di udara dengan kecepatan tetap 216 km/jam, menempuh
jarak 500 meter. Berapakah waktu yang dibutuhkannya.
2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
99
Untuk menyelidiki gerak suatu benda dapat digunakan dengan suatu alat yang
dinamakan ticker timer atau pengetik waktu. Alat ini dilengkapi pemukul yang dapat
bergetar sesuai dengan frekuensi listrik PLN, yaitu 50 Hz atau sebanyak 50 kali ketikan
dalam satu detik. Dalam satu ketikan diperlukan waktu 0,02 detik. Alat ticker timer
dilengkapi dengan troli atau mobil-mobilan
yang dapat bergerak, papan luncur dan pita rekaman. Dari pita rekaman akan terlihat
jenis gerak benda.
Benda bergerak lurus beraturan (GLB) akan menghasilkan tanda ketikan/ketukan yang
jaraknya selalu sama dalam selang waktu tertentu.
Untuk benda yang bergerak lurus berubah beraturan (GLBB) dipercepat akan
menghasilkan tanda ketukan yang jaraknya semakin besar dan perubahannya secara
teratur, dan sebaliknya apabila dihasilkan tanda ketikan semakin kecil berarti benda
melakukan GLLB diperlambat. Perhatikan contoh rekaman pita ketikan berikut ini.
Benda dari A ke B melakukan GLB, dari titik B sampai titik C mengalami GLBB
dipercepat, sedangkan dari C ke D mengalami GLBB diperlambat.
Untuk menyelidiki gerak GLBB dipercepat beraturan dengan ticker timer lakukanlah
kegiatan percobaan berikut ini.
Percobaan GLBB
Lakukan kegiatan mengamati gerak lurus berubah beraturan, dengan menggunakan
peralatan yang terdiri dari sebuah troli, papan luncur, ticker-timer beserta pitanya dan
sebuah catu daya/power supply. Sudut miring papan luncur diperbesar supaya gaya
peluncur (gaya yang menyebabkan troli meluncur) menjadi lebih besar daripada gaya
gesekannya. Letakkan troli di bagian atas papan luncur kemudian lepaskan. Usahakan
100
o o o o o o o o o o o o o o o o o
A B C D
troli jangan sampai jatuh ke bawah. Selama troli bergerak ticker-timer yang dihidupkan
catu daya dapat merekam gerak troli melalui titik-titik (ketukan-ketukan) yang tampak di
sepanjang pita yang dihubungkan dengan troli (seperti gambar di bawah). Ukurlah jarak
titik-titik pada pita. Cobalah! Buatlah grafiknya !
Soal Analisa
1. Sebuah benda menghasilkan rekaman pita ketikan sebagai berikut ;
Analisalah gerak genda menurut ketukan pada pita rekaman itu !. Sebutkan jenis
gerak yang dialami benda !
2. Kereta api bawah tanah mengawali geraknya untuk mencapai kecepatan konstan
di sepanjang perjalanannya, kemudian mulai masinis mengerem ketika kereta
hendak memasuki stasiun berikutnya. Jelaskan berbagai macam gerak lurus yang
telah di tempuh kereta ekspres tersebut !
3. Orang bergerak menurut lintasan-lintasan anak panah
pada gambar di samping. Bedakanlah yang dimaksud
jarak dan perpindahan menurut lintasan-lintasan
tersebut !
a. Aplikasi Konsep GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari
Benda yang mengalami gerak lurus berubah beraturan memiliki kecepatan yang
berubah seiring dengan perubahan waktu. Dengan demikian dalam selang waktu yang
sama perubahan jarak yang dicapai benda tidak sama. Bila perubahan jarak yang dicapai
semakin bertambah besar, berarti kecepatan benda semakin bertambah pula. Gerak
semacam itu dinamakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat. Sebaliknya jika
perubahan jarak yang dicapai semakin berkurang, berarti kecepatan benda semakin
lambat, maka gerak demikian disebut dengan gerak lurus berubah beraturan diperlambat.
101
o o o o o o o o o o o o o o o o
Kecepatan akhir pada saat tertentu berbeda dengan kecepatan awal pada saat t = 0 yaitu
saat peninjauan gerak dilakukan.
Persamaan untuk menentukan kecepatan akhir , jarak yang ditempuh, dan hubungan
antara kecepatan akhir dengan jarak, serta grafik hubungan v - t dapat dinyatakan sebagai
berikut.
vt = vo
s = vo t + ½ at2
vt
2 = vo
2 + 2as
s =
2
v vo t +
. t
Hampir semua gerak yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah gerak lurus
berubah beraturan. Namun demikian ada juga yang kombinasi antara GLB dan GLBB
secara berselang-seling.
Grafik atau kurva perubahan jarak terhadap perubahan waktu dapat di tunjukkan sebagai
berikut.
s
t
Adapun grafik perubahan kecepatan terhadap perubahan waktu dapat di tunjukkan
sebagai berikut.
v
t
102
t
vo
vt
q
Gradien kemiringan
grafik atau tan q
menunjukkan percepatan
gerak. Jadi a = tan q
Sedangkan grafik percepatan terhadap perubahan waktu dapat di tunjukkan sebagai
berikut.
a
t
Aplikasi dari GLBB diantaranya adalah
1. Gerak seorang penerjun payung
2. Gerak mobil dalam balapan mobil
3. Gerak Jatuh Bebas
4. Gerak benda dilempar vertikal ke atas
5. Gerak benda dilempar vertikal ke bawah.
Contoh soal
Sebuah mobil melaju dengan kecepatan 72 km/jam dalam waktu 2 menit mengalami
percepatan 5 m/s2 . Tentukan jarak yang ditempuh dan kelajuan akhirnya !
Jawab
Diketahui vo = 72 km/jam = 20 m/s
t = 2 menit = 120 sekon
a = 5 m/s2
Ditanya s = ? v t = ?
s = vo t + ½ a t2
= 20 x 120 + ½ 5 (120)2
= 36240 m
vt = vo + a t
= 20 + 5 x 120 = 620 m/s
Tugas
Kerjakan di buku tugas!
103
1. Hitunglah jarak yang ditempuh sebuah mobil selama dengan grafik v – t seperti pada
gambar berikut ini.
v
10 m/s
8 m/s
0 5 8 10 12 15 t (sekon)
10 m/s
2. Sebuah mobil mula-mula diam kemudian bergerak dengan percepatan 4 m/s2 .
Bersamaan dengan itu seseorang mengendari sepeda motor dengan kecepatan tetap 8
m/s. Kapan dan dimana mobil dan motor berpapasan jika mula-mula bergerak ::
a. searah dari tempat yang sama
b. berlawanan arah dan terpisah sejauh 64 m.
3. Gerak Vertikal
a. Gerak Vertikal ke Atas
Gerak Benda dilempar vertikal keatas (GVA) merupakan GLBB yang mengalami
perlambatan dimana gesekan udara diabaikan dan percepatan benda a = - g, g =
percepatan gravitasi bumi.,
Ketika benda mencapai titik puncak , kecepatan benda sama dengan nol atau
Vt = 0 , waktu untuk mencapai titik puncak ( t p ) dapat ditentukan dengan persamaan
kecepatan
B S = vo t + ½ at2 vt = vo + at
vt = 0 h = vo t - 1/2g t2 v t = vo - g t
waktu untuk mencapai titik puncak
h t p = ….? vt = 0
v t = vo - g t
V0 A 0 = vo - g tp
t p = vo / g
vt
2 = vo
2 - 2gh
104
vt
2 = vo
2 - 2gh
b. Gerak Vertikal ke Bawah
Gerak vertikal ke bawah (GVB) merupakan GLBB dimana benda dilempar ke bawah
dengan kecepatan awal tertentu dan gesekan udara diabaikan atau ditiadakan sebagai
berikut :
S = vo t + ½ at2 vt = vo + at
A h = vo t + 1/2 g t2 v t = vo + g t
V0 h = ½ g t2
v t = kecepatan akhir
vt
2 = vo
2 + 2gh
h vt
2 = vo
2 + 2gh
B
c. Gerak Jatuh Bebas
Gambar disamping
merupakan contoh
gerak jatuh bebas
(GJB) dari bola dan
seekor kucing.
Walaupun keduanya
memiliki massa yang
berbeda akan tetapi
mempunyai waktu
jatuh yang sama. Hal
ini disebabkan gesekan
udara ditiadakan.
105
Gambar 9. Bola dan kucing jatuh bersamaan
Gerak Jatuh bebas merupakan gerak vertikal ke bawah tanpa kecepatan awal (v0 = 0 ) dan
gesekan di udara diabaikan atau ditiadakan. Gerak jatuh bebas merupakan GLBB
dipercepat dengan a = + g.
Gerak Benda A jauh bebas dari ketinggian h dan jatuh di tanah pada titik B dapat
dirumuskan sebagai berikut :
S = vo t + ½ at2 vt = vo + at
A h = 0 + 1/2 g t2 v t = 0 + g t
v0= 0 h = ½ g t2 v t = gt
v t = kecepatan akhir
vt
2 = vo
2 + 2gh
= 02 + 2gh = 2gh
B
Soal Analisa
Contoh soal
1. Sebuah genting jatuh bebas dari sebuah gedung setinggi 20 m. Tentukan kapan benda
jatuh ke tanah dan berapa kecepatan genting ketika sampai di tanah ,g= 10 m/s2.
106
h
Perhatikan gambar di samping ini!
Seseorang melemparkan buah apel ke atas dan
menunggu buah apel tersebut hingga jatuh
kembali ke tangan orang itu. Gerak apa sajakah
yang dialami oleh apel? Bagaimanakah pengaruh
percepatan gravitasi pada buah apel itu di lintasan
gerak yang ditempuh apel itu? Bagaimanakah
dengan kecepatan apel di sembarang titik dalam
lintasan itu? Apa yang kamu ketahui dengan
kecepatan apel di titik tertinggi? Mengapa
demikian?
Penyelesaian
Diketahui h = 20 m g = 10 m/s2
Ditanya t = ... ? vt = ... ?
Jawab : h = S = vo t + ½ at2 vt = vo + at
h = 0 + 1/2 g t2 vt = vo + g t
20 = 1/2 . 10 t2 = 5 t2 vt = 0 + 10 . 2 = 20 m/s
t = 4 = 2 sekon.
2. Sebuah batu dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan 20 m/s dari tanah.
Tentukan ( g = 10 m/s2) :
a. Waktu yang diperlukan untuk mencapai titik puncak
b. Tinggi benda ketika mencapai titik puncaik
c. Ketinggian benda saat 1 detik setelah dilempar
d. Waktu yang diperlukan batu untuk jatuh ke tanah lagi.
e. Kecepatan batu ketika tiba di tanah
Penyelesaian :
Diketahui v0 = 20 m/s g = 10 m/s2
Ditanya:
a. t p = ….? vt = 0
v t = vo - g t
0 = 20 - g t
t p = 20 / 10 = 2 sekon
b. hmax = .....?
hmax = vo t - 1/2 g t2
= 20. 2 – ½ .10 .22 = 20 m
c. h = …. t = 1 sekon
h = vo t - 1/2 g t2 = 20 . 1 – ½ . 10 . 1 = 15 m
d. tS = ….. (waktu naik dan turun)
t naik = t turun jadi t s = 2 x t naik. = 2 x 2 = 4 sekon
e. vt = ….?
v t = vo - g t
= 20 – 10. 4
107
v t = - 20 m/s ( tanda negatip menunjukkan arah kecepatan ke bawah)
Tugas
Kerjakan di buku tugasmu!
1. Pesawat terbang memerlukan panjang landasan 800 m untuk tinggal landas. Jika
kecepatan pesawat saat roda pesawat terangkat naik adalah 7200 km/jam dan pesawat
mula-mula diam, berapa percepatan yang diperlukan pesawat itu ?
2. Bus malam Lorena melaju dengan kecepatan 800 m/s, dalam waktu 5 menit
kecepatannya menjadi 1000 m/s. Tentukan percepatan bus dan jarak yang ditempuh
selama 5 menit itu !
3. Sebuah batu jatuh dari menara mercusuar setinggi 80 m. Hitung kapan batu mencapai
tanah dan kecepatan ketika mencapai tanah.
4. Sebuah bola kasti dilempar keatas dengan kecepatan 60 m/s.Hitunglah
a. Waktu yang diperlukan untuk mencapai titik puncak
b. Tinggi benda ketika mencapai titik puncak
c. Ketinggian benda saat 1 detik setelah dilempar
d. Waktu yang diperlukan batu untuk jatuh ke tanah lagi.
e. Kecepatan batu ketika tiba di tanah
4. Penerapan GLB dan GLBB
a. Menganalisa grafik v – t untuk berbagai gerakan benda
Sebagaimana kamu ketahui pada bahasan sebelumnya berbagai gerak lurus
adalah gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan dipercepat dan
diperlambat serta perpaduan gerak-gerak tersebut. Berkut ini merupakan hubungan grafik
v – t beserta cara menentukan jarak yang ditempuh benda
V v
t t
108
Gambar 5. Perahu yang
menyeberang sungai
s = luas persegi panjang = v x t s = luas travesium =( a+b)/2 x tg
s = (luas persegi dari 0 – t1 ) + (luas segitiga
dari (t1 – t2 ) –( luas segitiga t2 – t3)
v
0 t1 t2 t3 t
b. Perpaduan GLB dan GLB menghasilkan GLB
Grafik berikut ini menunjukan
hubungan vektor kecepatan perahu motor dan
vektor kecepatan arus air sungai. Perpaduan
gerak kedua vektor kecepatan terhadap perahu
menghasilkan resultan gerak lurus beraturan.
vperahu
vpa = kecepatan perahu motor terhadap arus air
v arus air sungai
Contoh soal:
109
Sebuah perahu motor menyeberangi sungai dengan kecepatan 4 m/s dengan arah tegak
lurus arus air sungai.Jika kecepatan arus sungai 2 m/s tentukan jarak yang ditempuh
perahu setelah 2 sekon.
Penyelesaian
Diketahui : vp = 4 m/s va = 2 m/s
t = 2 sekon
Ditanya S = …?
Jawab: vR = vp2 + va2 = 42 + 22 = 2 5 m/s
S = vR . t = 2 5 . 2 = 4 5 m
Tugas
Buatlah penyelesaian persoalan berikut di buku tugas!
1. Seseorang benda menyeberangi sungai, yang lebarnya 420 m kecepatan arusnya 2 1
2
m/s. Jika ia mengarahkan perahunya siku-siku pada tepi sungai dengan kecepatan
tetap sebesar 2 5
8 m/s, tentukanlah :
a. Waktu yang diperlukan untuk menyeberang.
b. Tempat ia sampai di tepi lain.
c. Jarak yang dilaluinya.
c. Benda yang melakukan GLB dan GLBB
Benda yang melakukan GLB dan GLBB sekaligus dalam geraknya akan membentuk
lintasan parabola.
110
Pada arah sumbu X benda mengalami GLB sedangkan pada arah sumbu Y benda
mengalami GLBB akibat perpaduan kedua gerak itu benda menempuh lintasan
melengkung dan akhirnya jatuh kembali ke bumi. Secara mendalam gerak parabola
semacam ini akan dipelajari kelak di kelas XI
Persamaan pada sumbu x : vx = vo cos a
1 v
a
max h
R
111
x = vo cos a . t
Persamaan pada sumbu y : vy = vo sin a - g . t
y = vo sin a . t - 1
2 g . t2
Untuk sembarang titik P pada lintasan :
2
2 vy
vp = vx + tg q =
vx
vy
Syarat benda mencapai titik tertinggi adalah vy = 0
vy = vo sin a - gt  0 = vo sin a - gt
tmax = g
vosinα
 substitusikan ke : y = vo sin a . t - 1
2 g . t2
di dapat :
ymax =
2g
2sin2α
v0
Syarat mencapai titik terjauh adalah y = 0 atau waktu yang di tempuh benda adalah :
t = 2 g
vo sin α
 substitusikan ke x = vo cos a . t dan sin 2a = 2 sina cosa
di dapat :
xmax =
g
2sin 2α
v0
Tugas
Kerjakan di buku tugasmu!
1. Sebuah peluru ditembakkan vertikal keatas dari kedudukan ( 0,25 m ) dengan
kecepatan awal 20 m/det dan percepatan grafitasi g = 10 m/det2.
a. Tentukanlah ketinggian maksimum yang dicapai peluru tersebut dihitung dari
tanah.
b. Berapa saat yang diperlukan peluru tersebut untuk sampai di tanah.
2. Suatu peluru ditembakkan dengan kecepatan awal vo = 100 m/det dengan sudut
elevasi q dan percepatan grafitasi g = 10 m/s2. Jika ditentukan cos q = 0,6 maka
tentukan :
a. Kedudukan peluru setelah 5 1
2 detik.
b. Hitung kecepatan peluru pada saat 5 1
2 detik tersebut.
112
c. Hitung jauh tembakan pada arah mendatar.
Tugas Akhir Bab
113
Info Tambahan
Pada gerak jatuh bebas waktu untuk mencapai dasar tidak tergantung pada
massa. Sebutir batu dan selembar bulu ayam dijatuhkan pada ketinggian yang
sama dalam sebuah tabung hampa akan mencapai dasar tabung secara
bersamaan. Lihat gambar kanan. Hal itu menunjukkan bahwa waktu tempuh
selama benda jatuh tidak dipengaruhi oleh massa benda yaitu sebesar t =
g
2h
Namun bila tabung diisi udara batu mencapai dasar lebih dahulu karena bulu
ayam terhambat oleh gesekan dengan udara. Lihat gambar kiri.
Buatlah perbandingan jenis gerak yang dilakukan oleh dua orang atlet menurut gambar
berikut ini. Bagaimana kecepatan masing-masing atlet dalam selang waktu yang sama?
Apakah keduanya memiliki percepatan? Jelaskan pula tentang jarak yang ditempuh
keduanya dalam selang waktu yang sama!
Rangkuman
GLB : 1. percepatannya : a = 0
2. Kecepatannya : vt = vo = konstan
3. Persamaan jarak : s = vo × t
GLBB : 1. percepatannya : a = tetap
Jika a(-) terjadi perlambatan
Jika a(+) terjadi percepatan
114
2. Kecepatannya :
v v at t o = +
3. Jarak yang ditempuh:
2
o a.t
2
s = v .t + 1
4. Hubungan antara kecepatan, percepatan dan jarak :
vt v 2 2as
o
2 = +
GV (Gerak Vertikal)
1. GVA ® GLBB ® a diganti g
v ¹ 0 diperlambat
2. GVB ® GLBB ® a diganti g ®
v ¹ 0 dipercepat
3. GJB ®  v 0 o =
Gerak Parabola
Persamaan pada sumbu x : vx = vo cos a
x = vo cos a . t
Persamaan pada sumbu y : vy = vo sin a - g . t
y = vo sin a . t - 1
2 g . t2
2
2 vy
vp = vx + tg q =
vx
vy
Syarat benda mencapai titik tertinggi adalah vy = 0
vy = vo sin a - gt  0 = vo sin a - gt
tmax = g
vosinα
 ymax =
2g
2sin2α
v0
Syarat mencapai titik terjauh adalah y = 0
t = 2 g
vo sin α
 xmax =
g
2sin 2α
v0
115
Soal Latihan Ulangan Bab 3
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang benar! Jawablah di buku tugasmu!
1. Budi pergi ke sekolah naik sepeda. Jarak dari rumah ke sekolah 1,8 km dan kecepatan
sepedanya konstan sebesar 3 m/s. Jika masuk sekolah jam 07.00 jam berapa paling
lambat Budi harus berangkat dari rumah.
a. 06.54 b. 06.45 c. 06.30 d.06.50 e. 06.55
2. Grafik hubungan antara jarak terhadap waktu pada gerak lurus beraturan adalah …
a. s b. s c. s d s
t t t t
e. s
t
3. Sebuah benda mula-mula diam kemudian dipercepat 3 m/s2. Setelah 5 detik
kecepatannya menjadi …m/s
a. 0,6 b. 1,67 c. 2 d. 8 e. 15
4. Benda jatuh bebas adalah benda yang memiliki
1. kecepatan awal nol
2. percepatan = percepatan gravitasi
3. arah percepatan ke pusat bumi
4. besar percepatan tergantung dari massa benda.
Pernyataan yang benar adalah
116
a.1, 2 dan 3 b. 1, 3 dan 4 c. 2;3 dan 4 d. 2 dan 4 e. 1,3 dan 4
5. Benda yang bergerak lurus beraturan mempunyai …
a. percepatan nol c. kecepatan berbeda
b. kecepatan tetap d. waktu tetap e. kelajuan berubah
6. Hasil ketukan ticker timer pada pita kertas saat terjadi gerak lurus dipercepat
beraturan ditunjukan pada gambar….
a. c.
b. d. e.
7. Grafik hubungan antara kecepatan dan waktu pada gerak lurus diperlambat
beraturan adalah …
a. v c. v e. v
t t t
b. v d. v
t t
8. Sebuah kelereng kecepatan mula-mula 2 m/s setelah 8 sekon kecepatannya menjadi
9,6 m/s. Percepatan kelereng sebesar …m/s
a. 76 b. 7,7 c. 12 d. 1,2 e. 0,25
9. Sebuah mobil berkecepatan 72 km/jam kemudian direm dengan perlambatan 10 m/s2.
Berapa lama mobil akan berhenti.
a. 4 s b. 3 s c. 2 s d. 1 s e. 5 s
10. Sebuah batu dijatuhkan dari puncak menara yang tingginya 40m di atas tanah. Jika g
= 10m/s2 maka kecepatan batu saat menyentuh tanah adalah …m/s
a. 20 2 b. 20 c.10 2 d. 4 2 e. 3 2
117
o o o o o o o o o o o o o o
o o o o o o o
ooooooooooooooo
o o o o o o o o o o o o o oo
o
11. Grafik berikut menyatakan hubungan antara kecepatan v terhadap waktu t dari
sebuah mobil yang bergerak lurus. Jarak yang ditempuh dalam waktu 6 sekon adalah
….m
a.10 b.20 e 40
c. 24 d. 36
v (m/s)
6
4
2 6 9 t (s)
12. Sebuah benda dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan awal 10 m/s dan ketinggian
15 m di atas tanah. Apabila percepatan gravitasi 10 m/s2 , benda akan sampai di tanah
setelah ….sekon
a. 3 b.4 c.5 d.6 e. 7
13. Sebuah rakit menyeberangi sungai dengan arah kecepatan tegak lurus terhadap arus
sungai. Kecepatan rakit 0,3 m/s dan kecepatan arus 0,4 m/s. Rakit mencapai seberang
dalam waktu 150 sekon. Lebar sungai adalah …. m
a. 95 b. 75 c. 60 d. 45 e. 30
14. Grafik berikut ini merupakan hubungan kecepatan v terhadap waktu t. Bila jarak yang
ditempuh mobil selama 4 sekon adalah 48 m. maka kecepatan awal mobil V0 adalah
…m/s
a. 16 b. 12 c. 5 d. 4 e. 2
v (m/s)
20
v0
t (s)
118
0 4
15. Grafik berikut ini merupakan hubungan kecepatan dan waktu..Berdasarkan grafik
yang mempunyai percepatan terbesar adalah …
a. 0 -1 b. 1-2 c.2-3 d. 3-4 e. 4-5
v
3
4
1
2
0 t
16. Sebuah benda dengan massa 1 kg, jatuh bebas dari ketinggian 10 meter. Jika
percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2, maka kecepatan benda pada ketinggian 5 meter
adalah ....
a. 25 m/s d. 10 m/s
b. 20 m/s e. 5 m/s
c. 15 m/s
17. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 31,25 m. Jika percepatan gravitasi bumi di
tempat itu 10 m/s2, maka pada saat benda berada di ketinggian 20 m dari tanah
kecepatan benda tersebut adalah . . ..
a. 10 ms-1 d. 20,6 ms-1
b. 5 ms-1 e. 25 ms-1
c. 20 ms-1
18. Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian h tanpa kecepatan awal. Jika percepatan
gravitasi bumi di tempat itu g, maka kecepatan bola pada waktu akan tiba di tanah
adalah ....
a. √(2h/g) d. √(2h)
b. √(2g/h) e. √(gh)
c. √(2gh)
19. Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal 5 m/s. Kemudian benda tersebut
diberi gaya searah dengan kecepatan sebesar 30 N. Jika massa benda 1 kg, hitunglah
kecepatan benda setelah bergerak sejauh 10 m !
119
a. 15 m/s d. 50 m/s
b. 20 m/s e. 150 m/s
c. 25 m/s
20. Dari sebuah menara yang tingginya 100 m dilepaskan suatu benda. Jika percepatan
gravitasi bumi = 10 m/s2, maka kecepatan benda pada saat mencapai tanah adalah ....
a. l0 10 m/s d. l00 10 m/s
b.10 20 m/s e. 1000 m/s
c.10 m/s
21. Sebuah mobil bergerak dari keadaan diam dan mencapai kecepatan 40 m/s selama
waktu 20 sekon. Percepatan rata-rata mobil tersebut adalah ....
a. 0,2 ms-2 d. 80 ms-2
b. 2 ms-2 e. 800 ms-2
c. 20 ms-2
22. Massa benda 0,4 kg dilempar vertikal ke atas hingga mencapai ketinggian 5 meter.
Jika percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2, maka kecepatan awal benda yang dilempar
adalah ….
a. 2 m/s d. 5 2 m/s
b. 4 m/s e. 10 m/s
c. 5 m/s
23. Misalkan jarak kota A - B adalah 180 km. Sebuah bus berangkat dari kota A pukul
08.00 dan sampai di kota B pukul 12.00. Kecepatan rata-rata bus tersebut adalah ....
a. 12,5 m/s b. 20 m/s
b. 15 m/s e. 22,5 m/s
c. 17,5 m/s
24. Sebuah roket meluncur dengan kecepatan awal 4 m/s mendapat percepatan tetap 0,3
ms-2. Setelah 2 menit kecepatan roket itu adalah . . . .
a. 40 m/s
b. 36 m/s
c. 4,6 m/s
d. 4,3 m/s
e. 4 m/s
120
25. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian h meter. Jika percepatan gravitasi bumi = g
ms-2, tulis rumus yang menyatakan hubungan antara h, g, dan t !
a. h = 2 g.t2 d. h = g.t2
b. h = 1/2 g.t e. h = 1/2 g.t2
c. h = 2 g.t
26. Sebongkah batu yang massanya 2 kg, dilepaskan dari ketinggian 200 m dari
permukaan tanah. Apabila percepatan gravitasi bumi = 10 ms-2, kecepatan bongkahan
batu tatkala melewati titik yang berada pada ketinggian 120 meter dari permukaan
tanah adalah ....
a. 40 m/s d. 160 m/s
b. 80 m/s e. 200 m/s
c. 120 m/s
27. Benda yang massanya 1 kg berada di tempat yang tingginya 25 m, kemudian
kecepatan benda tersebut adalah ….
a. 50 m/s
b . 32,5 m/s
c. 15 m/s
d. 12,5 m/s
e. 10 m/s
28. Sebuah benda bergerak lurus menurut grafik posisi (x) terhadap waktu (t)
di bawah ini :
X (m)
50
40
30
20
10
t (s)
0 1 2 3 4 5 6
Maka kecepatan rata-rata antara t = 1 s
121
s/d t = 5 s adalah : … m/s
a. 20
b. 16
c. 12
d. 9
e. 5
29. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri gerak lurus berubah beraturan
adalah : …
a. kecepatannya berubah secara beraturan.
b. Percepatannya tetap dan = 0
c. Percepatannya sebanding dengan
Perubahan kcepatannya.
d. kecepatan awalnya selalu nol.
e. Berlaku persamaan vt
2 = vo
2 + 2as
30. v (m/det)
30
20 B
A
0 5 t (det)
Dua buah mobil A dan B bergerak lurus dari tempat yang sama dan menuju
arah yang sama dalam waktu bersamaan menurut grafik di atas, maka waktu
yang dibutuhkan B untuk menyusul A adalah : … detik
a. 5
b. 10
c. 15
d. 20
e. 30
122
Soal Uraian
Jawablah Pertanyaan dan soal berikut dengan benar!
1 Apa yang dimaksud dengan benda bergerak ?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kecepatan dan kelajuan serta berilah contohnya !
1. Kapan benda dikatakan mengalami percepatan !
2. Apa yang dimaksud dengan percepatan dan perlajuan ?
3. Berikan dua contoh kejadian benda mengalami percepatan dan perlambatan.
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
a. Gerak Lurus Beraturan
b. Gerak Lurus Berubah Beraturan.
5. Carilah lima contoh peristiwa yang termasuk gerak lurus beraturan !
6. Berikut ini rekaman pita ketukan dari GLB
Jika jarak 5 ketukan 2 cm hitung kecepatan benda nyatakan dalam satuan SI
7. Carilah lima contoh peristiwa yang termasuk gerak lurus berubah beraturan !
8. Sebutkan alat – alat yang digunakan untuk menentukan GLBB dipercepat.
9. Titik X dan Y mulai bergerak secara serentak dari titik A. Jika dalam waktu 10 sekon
X sampai di B dan Y sampai di C. Tentukan kecepatan rata-rata titik X dan titik Y
Y
X
C A B
-70 m 0 10m 80 m
10. Sebuah batu dijatuhkan dari atas menara yang tingginya 100 m tanpa kecepatan awal,
jika g = 10 m/s2 Berapa waktu yang diperlukan batu untuk sampai di tanah.
11. Sebuah pesawat terbang memerlukan kecepatan 360 km/jam untuk tinggal landas.
Jika panjang landasan yang tersedia 2 km. Berapa percepatan pesawat untuk dapat
tinggal landas?.
123
o o o o o o o o o o o
12. Seorang sopir taksi sedang mengendarai mobilnya dengan kecepatan 30 m/s. Tibatiba
seorang anak menyeberang jalan sambil berlari dan melintas di depan mobil
selama 0,7 sekon. Jika sopir taksi dapat memperlambat mobilnya maksimum sebesar
5 m/s2 dan berhenti. Berapa jarak minimum anak dan mobil ketika menyeberang
jalan agar tidak tertabrak mobil
13. Grafik hubungan kelajuan mobil A dan B masing-masing terhadap waktu
digambarkan sebagai berikut
V (km/jam) A
40 B
20
3 t (jam)
Kapan kedua mobil A dan B dapat menempuh jarak yang sama.
14. Sebuah titik materi dilemparkan dengan kecepatan awal 60 m dengan sudut elevasi q
sehingga mencapai tinggi maksimum 45 m di atas tanah. Hitung q.
15. Sebuah benda A bergerak lurus dengan kecepatan tetap 10 m/s dari P, 10 detik
kemudian berangkatlah B dari Q menuju arah yang sama dengan A berkecepatan
awal 5 m/s dan percepatan tetap 2 m/s2, Jika PQ segaris dan berjarak 40 m, hitunglah
dimana B menyusul A dihitung dari P.
16. Sebuah benda A bergerak lurus dengan kecepatan tetap 10 m/s dari P, 10 detik
kemudian berangkatlah B dari Q menuju arah yang sama dengan A berkecepatan
awal 5 m/s dan percepatan tetap 2 m/s2, Jika PQ segaris dan berjarak 40 m, hitunglah
dimana B menyusul A dihitung dari P.
17. Sebuah benda dilemparkan ke atas dengan sudut elevasi 37o dan kecepatan awal 50
m/s. Hitunglah koordinat kedudukannya pada saat t = 2 detik
124
18. Sebuah benda dijatuhkan bebas dari ketinggian 25,6 meter dari tanah, jika g = 9,8
m/s2 hitunglah waktu benda mencapai ketinggian 6 meter dari tanah.
19. v (m/s)
9
6
t (det)
6
Sebuah partikel bergerak lurus sepanjang sumbu x dengan kelajuan seperti dilukiskan
oleh grafik v-t di atas, Tentukan jarak yang ditempuh benda selama 4 detik !
20.
v(m/s)
8
4
2
0 4 8 10 t (detik)
Sebuah benda melakukan gerak lurus sepanjang sumbu x dengan kelajuan menurut
grafik v-t di atas, pada saat t = 0, x = 4 meter. Hitung kecepatan rata-rata 10 detik
pertama gerak benda tersebut.!
21. v(m/s)
4 .
2
t (s)
2 4 6
125
Suatu partikel bergerak sepanjang sumbu x dengan kelajun seperti grafik. Mulamula
partikel ada di x = 2 meter. Tentukan kecepatan rata-rata partikel tersebut dari
mula-mula sampai t = 6 detik !
22. Sebuah benda dengan massa 1 kg, jatuh bebas dari ketinggian 10 meter. Jika
percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2, Berapa kecepatan benda pada ketinggian 5
meter ?
23. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 31,25 m. Jika percepatan gravitasi bumi di
tempat itu 10 m/s2, Tentukan kecepatan pada saat benda berada di ketinggian 20 m
dari tanah !
24. Suatu benda jatuh bebas dari ketinggian tertentu ke tanah. Apabila gesekan dengan
udara diabaikan, Faktor apasajakah yang mempengaruhi kecepatan benda pada saat
mengenai tanah ?
25. Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian h tanpa kecepatan awal. Jika percepatan
gravitasi bumi di tempat itu g, Rumuskanlah kecepatan bola pada waktu akan tiba di
tanah !
26. Dari sebuah menara yang tingginya 100 m dilepaskan suatu benda. Jika percepatan
gravitasi bumi = 10 m/s2, Berapa kecepatan benda pada saat mencapai tanah ?
27. Massa benda 0,4 kg dilempar vertikal ke atas hingga mencapai ketinggian 5 meter.
Jika percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2, hitung kecepatan awal benda yang dilempar
!
28. Benda yang massanya 1 kg berada di tempat yang tingginya 25 m, kemudian benda
tersebut jatuh bebas. Jika telah menempuh jarak 5 meter, berapa kecepatan benda
tersebut ?
Glosarium
· Analisa Grafik = suatu metoda mengaanalisa gerak melalui grafik kartesius.
· Gerak Lurus = gerak yang memiliki lintasan lurus.
126
· Gerak Lurus Beraturan gerak lurus dengan kecepatan selalu tetap.
· Gerak Lurus Berubah Beraturan = gerak lurus dengan kecepatan selalu
berubah.
· Gerak Parabola = gerak dengan lintasan parabola
· Gradien Kemiringan Grafik = elevasi kemiringan grafik terhadap sumbu x
· Jarak = semua lintasan yang ditempuh oleh benda yang bergerak.
· Kecepatan Rata-rata = perbandingaan antara jarak total yang ditempuh
dengan waktu keseluruhan.
· Kecepatan sesaat = kecepatan benda yang bergerak pada detik tertentu.
· Percepatan = kecepatan tiap saatuan waktu.
· Perpindahan = garis lurus terpendek yang menghubungkan titik awal dan titik
akhir, tanpa mempedulikan lintasannya.
Indeks Subjeks Halaman
· Analisa Grafik 93
· Gerak Lurus 96
· Gerak Lurus Beraturan 97
· Gerak Lurus Berubah Beraturan 99
· Gerak Parabola 110
· Gradien Kemiringan Grafik 102
· Jarak 90
· Kecepatan Rata-rata 91
· Kecepatan sesaat 91
· Percepatan 95
· Perpindahan 90
127
Indeks Author Halaman
· Bresnick 90
· Sears, Zemansky 93
Daftar Pustaka
Bresnick, Stephen D. (2002), Intisari Fisika, Jakarta, Hipokrates.
Sears, Francis Weston & Maark W. Zemansky (1991), Fisika untuk Universitas 1,
Jakarta, Binacipta.
SOAL BLOK BAB 1,2,3 SEMESTER I FISIKA KELAS X
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah Salah Satu Jawaban yang Paling Benar!
1. Di bawah ini yang merupakan kelompok besaran pokok adalah …
a. kecepatan, percepatan, berat
b. panjang, kecepatan, volume
c. luas, volume, waktu
d. panjang, massa, waktu
e. Intensitas cahaya, jumlah zat, volume
2. Di bawah ini yang merupakan kelompok besaran turunan adalah …
a. momentum, waktu, kuat arus
b. kecepatan, usaha, massa
c. energi, usaha, waktu putar
d. waktu putar, panjang, massaa
e. momen gaya, usaha, momentum
128
3. Data
1. Neraca pegas 2. Rol meter 3. Gelas ukur
4. Neraca Ohaus 5. Termometer
Dari data tersebut alat–alat ukur yang tepat untuk mengukur besaran pokok ditunjukkan
data nomor ….
a. 1 dan 3
b. 3 dan 4
c. 3 dan 5
d. 1 dan 5
e. 2 dan 3
4. Satuan daya adalah …
a. kg m2 s-1
b. kg m2 s-2
c. kg m2 s-3
d. kg m2 s2
e. kg m2 s3
5. Alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus adalah …
a. voltmeter
b. speedometer
c. ohmmeter
d. ampermeter
e. anemometer
6. Besaran yang dimensinya ML2T-2 adalah …
a. gaya
b. usaha
c. daya
d. momentum
e. tekanan
7. Alat yang mempunyai ketelitian 0,01mm yaitu…
a. neraca
b. jangka sorong
129
c. micrometer
d. mistar
e. meteran
8. 275 milidyne/cm2 bila dinyatakan dalam satuan N/m2 adalah …
a. 2,75. 10-2
b. 2,75. 10-3
c. 2,75. 10-4
d. 2,75.10-5
e. 2,75.10-6
9. Perhatikan tabel berikut ini .
Dari tabel tersebut yang mempunyai satuan dan dimensi yang benar adalah nomor ….
a. 1 saja
b. 1 dan 2 saja
c. 1, 2 dan 3
d. 1 dan 3 saja
e. 2 dan 3 saja
10. Dua buah vektor sebesar 8 N dan 6 N masing-masing membentuk sudut 00 dan 600 terhadap
sumbu x positip. Besarnya resultan kedua vektor tersebut adalah …..N
a 2 37
b. 3 37
c. 4 37
d. 12 37
e. 14 3
11. Dua gaya sama besar bertitik tangkap sama ternyata membentuk resultan yang nilainya sama
dengan gaya tersebut, maka sudut apit antar kedua gaya tersebut adalah …
No Besaran Satuan Dimensi
1 Usaha Kg m2 s-2 M L2T-2
2 Gaya Kg m s-2 MLT-2
3 Daya Kg m2s-3 ML2T-3
130
a. 1500
b. 1200
c. 900
d. 600
e. 450
12. Dua buah vektor gaya masing-masing F1 = 20 N dan F2 = 30 N, Resultannya 10 7 N,
maka sudut apit kedua vektor tersebut adalah ….
a. 1200
b. 900
c. 600
d. 450
e. 300
13. Benda bergerak dengan lintasan lurus dan kecepatannya tetap disebut
a. gerak lurus beraturan
b. gerak dipercepat beraturan
c. gerak lurus tidak beraturan
d. gerak diperlambat beraturan
e. GLBB
14. Eko mengendarai sepeda motor menempuh jarak 108 km dalam waktu 2 jam, maka
kecepatannya ….m/s
a. 110
b. 60
c. 54
d. 15
e. 216
15. Sebuah benda bergerak lurus dengan kecepatan tetap 60 m/s, maka dalam waktu 5 sekon
perpindahan benda tersebut …
a. 0,66 m
b. 12 m
c. 55 m
d. 300 m
131
e. 65 m
16. Gerak lurus dipercepat beraturan mempunyai …
a. kecepatan tetap
b. kecepatan berubah – rubah
c. percepatan tetap
d. percepatan berubah
e. Percepatan nol
17. Sebuah bus bergerak dengan kecepatan 40 km/jam sepanjang 20 km, maka waktu yang
diperlukan adalah … jam
a. 2
b. 1
c. 0,5
d. 0,2
e. 0,1
18. Sebuah mobil berjalan 20 m/s direm hingga berhenti dalam waktu 4 detik, maka jarak yang
ditempuh selama pengereman adalah ….meter
a. 5
b. 20
c. 40
d.80
e. 100
19. Kecepatan mobil diperbesar dari 10 m/s menjadi 30 m/s dan menempuh jarak 200 m. Maka
percepatan mobil tersebut adalah ….m/s2
a. 2
b. 4
c. 8
d. 9
e 10
20. Jika suatu kendaraan bergerak dengan arah dan kecepatan tetap selama 10 menit, gerak
semacam ini adalah . ...
a. gerak lurus diperlambat beraturan
132
b. gerak lurus dipercepat beraturan
c. gerak lurus beraturan
d. gerak lurus berubah beraturan
e. gerak dengan percepatan tetap
21. Benda A dan B berada di atas tanah, kemudian saling dijatuhkan bebas. A lebih dahulu
dijatuhkan baru kemudian B, maka jarak antara A dan B selama masih bergerak di udara
adalah …….
a. tetap
b. mengecil
c. membesar
d. mengecil dahulu lalu tetap
e. membesar dahulu lalu tetap
22. Pada suatu saat terlihat kilat dan 10 detik kemudian terdengar suara gunturnya. Apabila
kecepatan cahaya sebesar 3.108 m/s dan kecepatan bunyi 340 m/s, maka jarak antara asal
kilat dan pengamat adalah …..
a. 34 m
b. 3400 m
c. 10200 m
d. 3.108 m
e. 3.109 m
23. Perbedaan jarak dan perpindahan pada gerak lurus adalah ....
a. kedua-duanya adalah besaran vektor
b. kedua-duanya adalah besaran skalar
c. jarak adalah besaran skalar dan perpindahan adalah besaran vektor
d. jarak adalah besaran vektor, tetapi perpindahan adalah besaran skalar
e. Jarak ditentukan oleh arah sedangkan perpindahan tidak
24. Suatu benda jatuh bebas dari ketinggian tertentu ke tanah. Apabila gesekan dengan udara
diabaikan, kecepatan benda pada saat mengenai tanah ditentukan oleh . . ..
a. percepatan gravitasi bumi dan massa benda
b. waktu jatuh yang dibutuhkan dan berat benda
c. ketinggian benda yang jatuh dan gravitasi bumi
133
d. luas permukaan benda
e. massa dan ketinggiannya
25. Air dari sebuah bendungan jatuh mengenai roda turbin dengan kecepatan 30 m/s. Bila g = 10
m/s2 , tinggi bendungan tersebut adalah ….m
a. 15
b. 25
c. 45
d. 55
e. 60
Soal Uraian
Jawablah dengan Benar!
1. Apa perbedaan besaran vektor dan besaran skalar ? Berilah contohnya masing- masing
lima macam !
2. Sebutkan besaran-besaran yang termasuk besaran pokok dan besaran turunan.
3. Sebutkan macam-macam konversi satuan besaran pokok dari SI ke cgs !
4. Carilah kesetaraan antara 1 inchi = ......m, 1 ons = ...... gram, 1 liter = ...... cm3.
5. Konversikan kelajuan 72 km/jam ke dalam satuan m/s !
6. Sebuah balok massanya 50 gram berbentuk kubus dengan panjang rusuk 4 cm.
Bagaimana cara menentukan volumenya ? Berapakah massa jenisnya ?
7. Tulislah hasil pengukuran berikut ini
a
c
134
8. Temukan dimensi dari beda potensial listrik. Hambatan listrik, konstanta gravitasi umum,
konstanta Coulomb!
9. Resultan dua buah vektor yang saling tegak lurus adalah 35 satuan. Salah satu vektor
besarnya 28 satuan. Hitunglah besar vektor yang lain.
10. Resultan dua buah vektor yang besarnya 13 satuan dan 14 satuan adalah 15 satuan. Jika
sudut yang diapit oleh vektor semula yaitu q, maka hitunglah tg q.
11. Tentukan resultan A + b + C dari vektor-vektor berikut
12. Sebuah benda ditarik oleh dua buah gaya masing-masing besarnya 6 newton. Kedua gaya
itu membentuk sudut 600. Berapakah besar resultan kedua gaya tersebut ?
13. Jika V1 = i + 3j
V2 = 3i – 2j
V3 = 4i – 4j
Hitunglah:
a. V1 x (V2 + V3)
b. (V1 x V2) . V3
c. Sudut antara V2 dan V3
14. Enam buah vektor bertitik tangkap di 0 pada koordonat kartesius. Sudut yang dibentuk
oleh masing-masing vektor dengan sumbu x+ serta besarnya adalah sebagai berikut :
v1 00 8 satuan
v2 450 2 2 satuan
v3 600 6 satuan
v4 1350 4 2 satuan
v5 1800 4 satuan
v6 2400 6 satuan
Tentukan resultan dari keenam vektor tersebut dan arah yang dibentuk resultan tersebut
dengan sumbu x.
15. Seseorang berjalan ke arah utara sejauh 4 m dan kemudian berlari ke arah selatan sejauh
6 m selama 4 detik. Tentukan:
a. perpindahan dan kecepatan rata-rata
135
b. jarak yang ditempuh dan laju rata-rata
16. Suatu mobil bergerak dipercepat beraturan dengan kecepatan awal 7,2 km/jam dan
mempunyai percepatan 4 m/det2. Setelah menempuh jarak 112 m, gerakannya menjadi
beraturan dengan kecepatan yang didapat pada saat itu. 15 detik kemudian diganti lagi
dengan perlambatan yang beraturan sebesar 8 m/det2.
a. Setelah berapa detik mobil itu berhenti?
b. Berapa panjang jarak seluruhnya?
17. Pada sebuah benda yang mula-mula berada dalam keadaan diam bekerja suatu gaya yang
berlawanan arah dengan gaya semula sebesar 2,25 kg mulai bekerja pada benda itu.
Sehingga setelah 60 detik benda berhenti. Hitung gaya tersebut (g = 10 m/det2)
18. Sebuah kapal udara terbang dengan kecepatan 400 km/jam. Pada ketinggian tersebut ada
angin dari barat dengan kecepatan 250 km/jam. Apabila arah yang dituju adalah tepat
utara, dengan haluan berapa kapal udara itu harus dikemudikan? Dan berapa kecepatan
dasarnya?
19. Dari suatu tempat setinggi 600 m dari tanah ditembakkan suatu peluru dengan arah tegak
lurus ke atas serta mempunyai kecepatan awal 80 m/det. Berapa detik kemudian harus
dilemparkan dari tempat tersebut suatu benda tegak lurus ke bawah dengan kecepatan 25
m/det supaya benda dan peluru itu jatuh di tanah secara bersamaan? (g = 10 m/det2)
20. Sebuah mobil bergerak pada suatu jalan yang lurus pengemudi mencatat laju yang
tertulis pada spedometer dan membuat grafik v-t seperti gambar di bawah ini.
s (meter)
3 5 7 t (menit)
a. Tentukan berapa jarak yang ditempuh dalam waktu 7 menit
b. Pada saat mana mobil kembali ke tempat semula.
c. Hitung perpindahan dari t = 0 sampai t = 10 menit.
136
300
-200
137

Tidak ada komentar:

Posting Komentar